Selasa, 15 Januari 2013

jawa timur padam. ada apa gerangan??

kemarin . tanggal 15 januari 2013 sebagian besar wilayah di jawa timur terjadi pemadaman listrik.. ada apakah gerangan? 

pukul 11.00 wib pas lagi sibuk sama acara di udiklat suralaya liatin recent updates di blackberry masanger..beberapa rekan PLN d pembangkitan statusnya sama " info 10.52 :PLTU Paiton Unit 5,6,8,9 & IBT 500/150 1,2 juga trip sistem Jawa-Bali masih blm normal " . kaget banget pas tau info ini.. lalu ane copas tuh info jadi status di BB juga.. selang satu menit, mba tesa seorang rekan di YLT Jawa Power (yang mengopraskan unit 5&6 PLTU Paiton) BBM saya kalo unit 3 dan 7 juga trip!! Oh Tuhan .. ada pakah gerangan?? gak bisa bayangin gimana senyapnya  Jawa Timur tanpa listrik? *atau sebenernya malah bukan senyap tapi riuhnya komplen masyarakat karna listrik padam.. hehe



Teman di Tuban mengirimkan BBM kalo di tuban listrik mati pet
sebentar kemudian teman yg ada di banyuwangi juga BBM .. pantes aja banyuwangi padam dari tadi..begitu juga teman yag ada di surabaya.

info dari mba tesa.. hal ini dikarenakan adanya gangguan frekuensi (nah lhooo uda kaya radio aja ada frekuensinya *yah iyah,, kan sama2 gelombang.. yg satunya gelombang suara yg satunya gelombang listrik.. hehe)

                           

yups.. ada kerusakan di Busbar yang ada di gardu induk PLTU, busbar itu rel bertegangan, (gampangnya) listrik di tampung di busbar dari PLTU Paiton sebelum masuk ke transmisi, nah Busbar itu yang rusak sehingga listrik di unit Paiton tidak bisa disalurkan. 

                               

Nah rusaknya busbar itu kenapa?  perihal tersebut yang masih diteliti. sisiem proteksi sistem kelistrikan Jawa-Bali bekerja normal sehingga sebagian besar dilepas. dan berkat kerja keras temen2 yang ada di lapangan sekitar pukul 18-19 WIB listrik sudah menyala.



makasih buanyak buat temen2 yang ada di lapangan.. semoga terus diberikan kesabaran dan kesehatan.. semoga Allah SWT membalas kebaikan kalian.. amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar