Minggu, 13 Januari 2013

PLTU Suralaya


 PLTU Suralaya Unit 8.. ini nih tempat ane kerja.. dari pertama diangkat jadi pegawai tetap di Pe eL eN Januari 2011 lalu. salah satu pembangkit tenaga listrik tenaga uap di Jawa. Nah PLTU Suralaya itu merupakan cikal bakal PLTU yg ada di Jawa, dan Unit 8 unit yg paling terakhir dibangun dan saat ini (2013) sedang memasuki masa garansi.


 PLTU Unit 8, disebelah kanannya terdapat bukit dengan nampak disela-selanya bangunan kecil, nah itu merupakan kantor administrasi saat unit 8 masih dalam masa proyek. Rekan2 yang sekarang sedang melakukan pengawasan selama masa garansi masih berkantor di kantor tersebut (kalo ane sih uda pindah ke unit 1&2 yg sekarang lagi masa rehab, di gambar bawah ntar ane tunjukin).


 PLTU Unit 8 625 MW.


PLTU Unit 8, tau gak bukit yang disebelah kanan unit 8 itu yg ada kantor adminitrasinya itu? kontur tanahnya batu semua alias emang bukit batu. jadi Unit 8 sebelum dibangun tadinya juga berupa bukit berbatu.. trus bukit batu itu di ancurin baru dibangun deh PLTUnya.


Nah ini Unit 1-7.. pasti ngitungnya pada ada 5 kan chimney-nya?? hehe.. nah ane tunjukin .. yang cerobong pendek kan ada 2 kan (lihat dari kiri ke kanan) ? dari yang sebelah kiri cerobong pertama itu sebenarnya atasnya ada 2 lubang  / cerobong dijadikan satu jadi cerobong pertama itu adalah Unit 1&2 berkapasitas 400 MW x 2. Unit 1&2 ini sedang masa Rehab yah maklumlah umurnya uda seperempat abad. Proses rehabnya dibawah pengawasan PLN UIPP Thermal Jawa Bali, disini tempat ane sekarang bekerja setelah sebelumnya di Unit 8. Selanjutnya cerobong ke 2 juga ada 2 lubang yg berarti ada 2 unit yaitu Unit 3&4 berkapasitas 400 MW x 2. 3 Cerobong selanjutnya (ke kanan) yg lebih tinggi dari sebelumnya berturut - turut merupakan unit 5,6, dan 7 masing - masing 600 MW. Jadi total PLTU di Suralaya semuanya ada 8 Unit.


 Kalo dibikin panaromanya, beginilah penampakan unit 1-8, berubung emang terlalu panjang maaf nih gan Chimney unit 8 jadi ke crop (sebelah kanannya).. hehe.. 


and than ... inilah penampakan PLTU Suralaya malam hari.. indaaaaahhh bangeeettt... *sama sekalian numpang eksis yeee... hehehe...  


Foto ini di ambil dari kantor administrasi proyek Unit 8.. Indah banget kan? hihihi..  hayuk kalo mau liat  PLTU Suralaya malam hari.. dari pelabuhan merak (Banten) 8 Km lagi.. 

day photo by : Sinyo
night photo by : Hudiita
light pic by : M. Huda Alfarizy

4 komentar:

  1. Bagus bangett foto2 nyaa ...
    masih kerja disitu ga???

    BalasHapus
  2. Fotonya bagus... Klo naik cerebong unit 1&2 panasnya puool, krn ventilasi ditutup... Trus cerobong 3&4 bauny g kuat karena cerobong unit 4 bocor... Trus cerobong unit 5...lift ny suka mati... Kita pernah terjebak selama bbrp jam d ktinggian 128 meter... Klo sy ksana lg yuk foto2 bareng...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang bisa naik ke cerobong gan?

      Hapus
  3. Dulu saya pernah PKL nih disini, waktu pembangunan PLTU 1 Banten Suralaya Unit 8 nya, di PT Rekayasa Industri. keren foto-foto dan blog nya

    BalasHapus